“Jika anda ingin beribadah sebanyak-banyaknya datanglah ke Mekkah. Jika anda ingin ilmu sebanyak-banyaknya datanglah ke Mesir. Jika anda ingin pendidikan sebanyak-banyaknya datanglah ke Gontor,”

Seeing Is Believing, Rebutan Ikan Terhampar Di Pasir Muara Sungai Cimedang

Advertisement
Advertisement

Assalamu'alaikum wr. wb

Hallo sahabat semua, ada kuotasi bahasa inggris yang berbunyi seeing is believing, percaya itu jika sudah melihat dengan mata kepala sendiri.




Di daerah saya jika musim kemarau tiba, maka tibalah musim ikan layang atau warga di daerah saya biasa menyebutnya ikan selar.

Ikan layang ini biasa menyerbu muara masuk jauh ke sungai. Ketika musim ikan ini orang bilang kita tidak usah capek-capek bawa jaring, atau alat penangkap ikan lainnya, cukup menunggu ombak datang pecah ke bibir pantai saja. Maka ikan akan terhampar di pasir di hempas dan orang-orang pun ramai berebut memungut ikan layang ini, mirip orang berebut saweran pengantin. 



Sejak saya masih SD, saya sering mendengar cerita musim ikan layang ini, tapi saya tidak percaya, karena belum melihat secara langsung, melihat dengan mata kepala saya sendiri. Bukan mungut di pasir atau nunggu ombak datang, paling juga mungut di jaring orang saya pikir.


Tahun 2013 saat usia saya 32 tahun, tiba kemarau panjang dan sudah dipastikan ikan layang datang kembali menyerbu muara. Karena muaranya dekat dari rumah mertua bahkan bisa di tempuh dengan jalan kaki, saya pun diajak mertua untuk melihat langsung bagaimana ribuan orang datang ke muara untuk berburu ikan layang. Saat ikan layang menyerbu orang-orang bersorak berebut ikan layang terhampar di pasir dihempas ombak. Subhanalloh, ternyata benar cerita tentang ikan layang. Kali ini saya percaya 100 persen, karena tidak sekedar melihat, tapi saya juga ikut memungut ikan layang. Bahkan saya juga melihat langsung bagaimana ikan layang masuk ke muara sungai bagai hujan lebat, bersama debur ombak yang masuk ke muara sungai, nampak ikan layang sisiknya berkilat terkena cahaya lampu, head lamp. Seolah ikan-ikan ini berlomba ingin segera masuk muara sungai. Di sekitar saya berdiri, sejauh mata memandang, nampak seperti bintang di langit cahaya lampu head lamp dari kepala warga yang datang yang jumlahnya puluhan ribu. 

Seeing is believing, melihat dengan mata kepala sendiri baru percaya.


Advertisement