“Jika anda ingin beribadah sebanyak-banyaknya datanglah ke Mekkah. Jika anda ingin ilmu sebanyak-banyaknya datanglah ke Mesir. Jika anda ingin pendidikan sebanyak-banyaknya datanglah ke Gontor,”

Contoh Resume Modul 5 KB 4 Materi Jihad PPG 2023

Advertisement
Advertisement

 

PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

 

A.  Judul Modul          : Jinayah Dan Jihad

B.  Kegiatan Belajar  : Jihad (KB 4)

 

C.  Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

Kata jihad dari akar kata jahada-yujahidu-jihadan wa mujahadatan. Akar katanya yakni jahada-yajhadu-jahdan/juhdan yang berarti kekuatan (al-thaqah) dan upaya jerih payah (al-masyaqqah). Menurut bahasa, jihad berarti mengeluarkan semua kekuatan dan kemampuan untuk membela diri dan menaklukkan musuh, Adapun menurut istilah ulama fikih, jihad adalah perjuangan melawan orang-orang kafir untuk tegaknya agama Islam.

Dilihat dari segi terminologi, definisi jihad berkisar kepada tiga aspek:

a.    Jihad yang dimaknai secara umum, adalah segala kemampuan yang dicurahkan oleh manusia dalam mencegah/membela diri dari keburukan dan menegakkan kebenaran .

b.    Jihad dipahami secara khusus sebagai usaha mencurahkan segenap upaya dalam menyebarkan dan membela dakwah Islam.

c.     Jihad yang dibatasi pada qital (perang) untuk membela atau menegakkan agama Allah dan proteksi kegiatan dakwah.

Di jaman modern saat ini, jihad melalui lisan dan penjelasan petunjuk agama dapat dilakukan dengan pendekatan verbal (al-bayan al-syafahiy), seperti khutbah dan pengajian, pendekatan melalui tulisan (al-bayan al-tahririy) seperti buku, majalah, bulletin dan lain sebagainya, pendekatan media (al-bayan ali’lamiy) seperti televisi, radio dan media online, dan pendekatan dialog (alhiwar), seperti dialog antar agama atau dialog peradaban.

Syeikh Yusuf al-Qardhawi dalam buku Fiqh al-Jihad mengistilahkan dengan kata al-jihad al-madaniyy, yaitu jihad untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai bidang dan mengatasi permasalahannya yang beragam. Obyeknya sangat luas, seperti ilmu pengetahuan dan teknologi, bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan aspek-aspek peradaban lainnya.

Macam-macam jihad antara lain:

a.    Jihad berperang di jalan Allah. Jihad berperang di jalan Allah terhadap orang kafir, musyrik, dan munafik merupakan salah satu makna jihad.

b.    Jihad menjalankan ibadah kepada Allah. Dalam menjalankan ibadah butuh kesungguhan dan kesabaran.

c.     Jihad Membela Negara. Keberadaan  negara (al-balad) sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama. Begitu vital negara di dalam al-Qur’an terdapat satu surat bernama Surat al-Balad.

d.    Jihad menuntut ilmu Tidak diragukan lagi, menuntut ilmu selain merupakan ibadah yang wajib bagi laki-laki dan perempuan muslim. Selain itu, perjuangan mencari ilmu juga dihitung sebagai jihad dalam Islam.

e.    Jihad mengatakan yang benar di hadapan penguasa zalim Tidak banyak orang berani menyampaikan kebenaran, terlebih jika kebenaran yang disampaikan akan memiliki dampak buruk pada dirinya.

f.      Jihad taat pada orang tua. Taat kepada kedua orang tua adalah kewajiban bagi setiap muslim, baik terhadap orang tua yang beriman maupun tidak.

g.    Jihad melawan hawa nafsu. Melawan hawa nafsu penting dilakukan, sebab jiwa manusia memiliki kecenderungan kepada keburukan yang dapat merusak kebahagiaan seseorang, dan itu tidak mudah dilakukan, sebab hawa nafsu ibarat musuh dalam selimut.

Hukum jihad untuk mempertahankan dan memelihara agama dan umat Islam (serta negara) hukumnya wajib atau fardu, baik fardu ain maupun fardu kifayah. Sebagian ulama sepakat jihad hukumnya fardu Ain.

Materi jihad ini mengandung nilai moderasi beragama yaitu muwathanah, cinta tanah air. Pembelaan kepada negara juga harus dilakukan ketika sekumpulan orang atau masyarakat melakukan perlawanan terhadap negara karena berbeda dengan idiologi yang dianut. Jihad juga harus dilaksanakan dalam usaha menegakkan keadilan, mencerdaskan masyarakat, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat

2

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

Alhamdullah modul 5 Kb 4 mudah dipahami, tidak ada yang sulit,semua dipaparkan dengan jelas

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

Alhamdullah modul 5 Kb 4 tidak ada kata atau materi yang mungkin miskonsepsi

 

 


Advertisement