“Jika anda ingin beribadah sebanyak-banyaknya datanglah ke Mekkah. Jika anda ingin ilmu sebanyak-banyaknya datanglah ke Mesir. Jika anda ingin pendidikan sebanyak-banyaknya datanglah ke Gontor,”

Gontor dan Pendidikan

Advertisement
Advertisement
Jika kita ingin mengajukan izin operasional sekolah, maka di antara syarat yang harus dilampirkan yaitu surat rekomendasi dari  UPT/UPTD Kecamatan dan juga surat rekomendasi dari sekolah terdekat. Ketika saya ke UPT untuk meminta surat rekomendasi, saya ngobrol dengan kepala UPT. Dalam obrolan tersebut bapak kepala UPT mengatakan bahwa saat ini salah satu putrinya mondok di Gontor putri dan beliau bilang akan menjenguk putrinya setelah idul adha.


Empat hari kemudian saya juga ke SMP terdekat untuk tujuan yang sama yaitu meminta surat rekomendasi. Di ruang tamu SMP ada seseorang yang ternyata sedang menunggu bapak kepala sekolah. Saya ngobrol ngalor-ngidul dengan bapak ini. Dilihat dari gaya dia bicara dan juga gesturnya, saya coba menduga-duga bahwa bapak ini orang LSM. Dia bertanya kepada saya mengajar pelajaran apa, saya bilang pelajaran bahasa arab dan bahasa inggris walaupun ijasah saya S1 PAI (Pendidikan Agama Islam), mungkin karena saya alumni Gontor. Bapak ini bilang bahwa keponakannya juga dua orang di cianjur alumni Gontor.

Di SMK di mana saya mengajar pun ada beberapa siswa-siswi yang lumayan pasih berbahasa arab. Ketika saya ngobrol dengan mereka, saya bertanya di mana kalian belajar sebelum masuk SMK, mereka menjawab di sekolah ini, di pesantren itu. Dan ternyata di sekolah dan pesantren mereka sebelumnya ada beberapa alumni Gontornya. Nama Gontor begitu terkenal di seantero Nusantara, terkenal dengan pendidikannya yang berkarakter sehingga kepercayaan masyarakat makin bertambah pula. Semoga Gontor dapat terus berkiprah dan memberi kontribusi besar bagi kemajuan bangsa, khususnya di bidang pendidikan. 


Advertisement