“Jika anda ingin beribadah sebanyak-banyaknya datanglah ke Mekkah. Jika anda ingin ilmu sebanyak-banyaknya datanglah ke Mesir. Jika anda ingin pendidikan sebanyak-banyaknya datanglah ke Gontor,”

Pengalaman Pertama Ngobrol Sama Bule. (Bagaimana Saya Memulai)

Advertisement
Advertisement
Halo sobat semua kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman pertama ngobrol sama bule. Terutama buat yang masih minder ngobrol sama bule atau native speaker, mudah-mudahan jadi inspirasi.



Dulu ketika saya berlibur ke Pantai Batu Karas Cijulang Pangandaran tahun 1999 ketika saya umur 18 tahun, dan baru 1,5 tahun belajar di Pondok Modern Gontor Jawa Timur Indonesia.


Ketika saya jalan-jalan di pinggir pantai batu karas ditemani anak tetangga umur 5 tahun, saya lihat ada bule lagi berjemur sendirian. Timbul dipikiran saya untuk mencoba ngobrol dengan native speaker, karena selama ini, sudah satu tahun ngobrol bahasa inggris dengan sesame santri di pesantren.


Saya coba hampiri dia. tapi semakin mendekat sama bule hati saya makin deg-degan, ada perasaan gak Pe-De, minder, takut, takut dia gak ngerti apa yang saya ucapkan, atau saya gak ngerti yang dia ucapkan. Akhirnya saya segera menjauh dari bule. Tapi hati saya bilang ini kesempatan bagus gak kan terjadi dua kali, kapan lagi. Saya coba dekatin lagi, tapi timbul lagi perasaan minder dan saya pun menjauh lagi. Padahal si bulenya udah nengok ke saya. Mungkin si bule bilang ni anak mo ngapain si, bolak-balik kayak triskaan. Sampai tiga kali berulang. Akhirnya yang ke empat dengan mengucapkan bismillah saya yakinkah hati untuk bicara dengan bule walau  pun hati deg-gegan, jantung berdegup kencang bagai mau ditilang polosi, he…


Waktu di pesantren saya baca sebuah buku bagaimana memulai ngobrol dengan bule. Saya duduk di samping bule dengan jantung berdegup makin kencang

Saya    : excume, Sir. Do you min if I want to make a conversation with you?
Bule     : Oh, no. No I don’t

Lalu saya ulurkan tangan untuk jabat tangan

Saya    : Nice to meet you
Bule     : Nice to meet you too

Akhirnya cair sudah, jantungku berdegup kembali normal.

Saya    : Where are you from
Bule     : England

Ketika nanya nama saya sedikit bingung

Saya    : May I know your name?
Bule     : Peter

Saya dengar pitik (ayam, jawa). Lalu saya suruh menuliskannya di atas pasir dan dia mengejanya

Saya    : Please, write down your name on the sand…!
Bule     : Pi – i – ti – i – ar, Peter (sambil nulis)
Saya    : I see

Akhirnya percakapan mengalir begitu saja, hati saya udah tenang, gak kayak beberapa menit lalu berasa dikejar Tsunami.  he…

Bule     : Do you want take picture…….?
Saya    : Of course, Sir

Saya langsung berpose dengan anak tetangga yang tadi nemenin saya. Tapi si bule malah nyamperin saya yang udah berpose dengan background pantai batu karas

Bule     : No, I mean for me, for me

Aduhhh… malu dech Gue… kirain mo motoin , gak taunya minta difotoin. Si bule nyamperin saya sambil nyodorin kamera.
Kemudian setelah beberapa lama

Bule     : Sorry, I have to go now
Saya    : Ok, Sir. It’s begin to rain

Karena nampak mendung kita bersalaman dan berpisah

Saya    : Nice to meet you
Bule     : Nice to meet you too
Saya    : Good bye…
Bule     : Bye…

Demikian pengalaman saya bicara dengan bule. Mudah-mudahan jadi inspirasi. Catatan…!! Ada hal-hal yang gak boleh atau kurang sopan ditanyakan sama bule ketika pertama bertemu atau baru kenalan, mungkin di postingan saya yang berikutnya. Thank you….





Advertisement