“Jika anda ingin beribadah sebanyak-banyaknya datanglah ke Mekkah. Jika anda ingin ilmu sebanyak-banyaknya datanglah ke Mesir. Jika anda ingin pendidikan sebanyak-banyaknya datanglah ke Gontor,”

Handphone (Hp) dan Disiplin Pesantren

Advertisement
Advertisement

Beberapa waktu lalu viral HP santri dihancurkan dengan menggunakan palu. Ini terjadi karena sudah menjadi aturan di pesantren bahwa santri dilarang membawa HP ke pesantren. Berbagai tanggapan netizen di media sosial, ada yang pro ada yang kontra. Ada yang bilang HP itu seperti pisau yang bisa digunakan untuk memotong sayuran atau membunuh seseorang, begitu juga dengan handphone. benda itu netral. jika ada penyalahgunaan, yang salah ya manusianya, bukan bendanya. Itu betul, asatidz juga menghancurkan HP bukan menyalahkan HP nya saya kira. Handphone yang dipecahkan dalam video tersebut biasanya merupakan barang sitaan yang dilarang untuk santri yang berusaha melanggar disiplin dengan membawa HP ke dalam pondok secara diam-diam yang dapat mengganggu proses pendidikan di pesantren. Perusakan HP yang disita pihak pesantren di depan santri merupakan bentuk pendidikan supaya ada efek jera dan menegaskan bahwa pesantren tidak mengambil manfaat secara materiil dari barang tersebut. Pesantren sudah memikirkan jauh-jauh dampak positif dan negatifnya bagi santri. Dalam hal ini pesantren memandang bahwa HP bagi santri lebih banyak mudharatnya dari pada manfaatnya.


Memang selama ini yang saya temukan di lapangan, HP digunakan oleh santri kebanyakan untuk hal hal yang kurang bermanfaat  seperti bermain game hingga larut malam, kalau sudah begini hampir di pastikan bangun subuhnya susah. Bahkan ketika saya mengajar pun masih ada santri yang bermain game.   


Kalau para orang tua atau wali santri menyayangkan atau keberatan atas penghancuran HP anaknya, mungkin lebih baik dari awal mencari pesantren atau sekolah yang membolehkan bawa HP. Kalau kita ingin anak kita dididik di sebuah lembaga pendidikan tentu kita harus mengikuti aturan yang diterapkan di lembaga tersebut termasuk pelarangan membawa HP. Very good very fine, gak mo ikut silahkan cari yang lain.

Advertisement