“Jika anda ingin beribadah sebanyak-banyaknya datanglah ke Mekkah. Jika anda ingin ilmu sebanyak-banyaknya datanglah ke Mesir. Jika anda ingin pendidikan sebanyak-banyaknya datanglah ke Gontor,”

LAPOR!!! SALAH KETIK PEMBUATAN KK DAN AKTA KELAHIRAN (CURHAT)

Advertisement
Advertisement
 
Alhamdulillah sudah 7 tahun usia pernikahan saya, dan alhamdulillah juga sudah dikaruniai 3 orang anak, 2 orang perempuan dan 1 orang laki-laki. Selama ini saya sudah 2 kali membuat Kartu keluarga (KK) dan 2 kali membuat akta kelahiran anak. Tapi setiap kali membuat KK atau pun akta kelahiran selalu ada kesalahan penulisan. Nama saya sudah jelas tertulis di KTP menggunakan huruf F, FARID, bukan huruf P, Parid. Bahkan saya juga print nama saya, kemudian ditempel di blanko/formulir pengajuan pembuatan KK atau pun akta kelahiran, supaya jelas, supaya tidak terjadi kesalahan. Karena kalau terjadi kesalahan tulis/ketik

Saya bingung, saya tidak tahu, kenapa selalu terjadi kesalahan, berkali-kali. Dan ternyata kawan-kawan saya juga pernah mengalami hal yang sama atau mungkin juga anda. Apa memang formulir ajuannya tidak dilihat, dilihat betul-betul, atau cetak data yang sudah ada saja tanpa edit, atau mesin cetaknya, mesin ketiknya, keyboardnya rusak???? Entahlah.
Saat menulis tulisan ini saya berencana membuat KK dan akta kelahiran yang baru. Karena usia anak ketiga saya baru 1 minggu. Tapi saya ragu, akan terjadi salah tulis lagi. Semoga tidak demikian.

ketika tidak ada kesesuaian nama atau identitas lainnya bisa panjang urusan. Tapi apa yang terjadi, ketika KK dan akta kelahiran saya sudah jadi nama saya selalu tertulis dengan huruf P. Saya juga ingat betul ketika mengisi formulir KK di kolom pendidikan terakhir, saya dan juga istri, S1. Tapi apa yang keluar, apa yang tertulis? Selalu tertulis SLTA. Juga ketika pembuatan KWH listrik, saya menyerahkan foto copy KTP ke petugas PLN. Lagi-lagi nama saya Farid, dengan huruf F, keluar jadi Parid.

Advertisement