“Jika anda ingin beribadah sebanyak-banyaknya datanglah ke Mekkah. Jika anda ingin ilmu sebanyak-banyaknya datanglah ke Mesir. Jika anda ingin pendidikan sebanyak-banyaknya datanglah ke Gontor,”

4 LANGKAH PEMBERIAN KOSA KATA (ARAB-INGGRIS) DI GONTOR

Advertisement
Advertisement

Ketika kita mendengar kata Gontor, kita akan langsung berpikir sebuah pesantren yang terkenal dengan disiplin penggunaan bahasa asing baik arab maupun inggris dalam kehidupan sehari-hari. Seluruh santri setiap pagi diberi kosa kata baru oleh pengurus asrama, paling banyak tiga kosa kata. Kalau kosa katanya pendek-pendek maka akan diberi tiga, tapi kalau agak panjang mungkin cuma diberi dua. Dua atau tiga kosa kata, sedikit bukan? Tidak sulit? Memang tidak sulit, tapi tentu yang perlu dijaga adalah istikomahnya, kontinyuitasnya. sehingga dalam seminggu, santri sedikitnya bisa menghafal 21 kosa kata. Durasi pemberian kosa kata ini 20-30 menit setiap pagi selepas subuh setelah kegiatan baca al-qur’an.

Baca Juga : KENAPA SEDIKIT SEKALI ORANG PONOROGO MASUK GONTOR??


Berikut 4-langkah penyampaian kosa kata : 


Pertama

Pengurus asrama bagian penggerak bahasa menuliskan kosa kata di papan kecil kemudian disampaikan (dibaca 3-4 kali) di depan semua anggota kamar, tanpa memperlihatkan tulisan di papan kepada mereka. Kemudian diucap ulang oleh seluruh anggota kamar sampai benar-benar tidak ada kesalahan dalam pengucapannya.


Kedua

Kemudian setelah benar pengucapannya, penggerak bahasa bertanya apakah ada yang tahu artinya. Karena penggerak bahasa tidak boleh menerjemahkan sendiri, karena itu adalah sebuah kesalahan, biarkan santri mencari dan menemukan artinya. Jika tidak ada yang tahu maka penggerak bahasa akan meletakkan kosa kata tersebut dalam sebuah kalimat untuk supaya sampai kepada arti dari kosa kata tersebut.


Ketiga

Jika arti dari kosa kata sudah ditemukan maka setiap santri harus meletakkan kosa kata tadi dalam sebuah kalimat dan harus berbeda, tak boleh sama. Jika ada santri yang belum bisa maka hukumannya harus berdiri sampai bisa. Maka dengan demikian jika dalam satu kamar ada 40 santri maka kita akan menemukan 40 kalimat yang berbeda. Secara tidak langsung setiap santri bisa belajar dari kawan-kawan satu kamarnya.


Keempat

Setelah semua santri selesai membuat kalimat, barulah penggerak bahasa menunjukkan tulisan di papan tadi beserta artinya sehingga menjadi jelas tulisannya seperti apa.


Demikian 4 langkah pemberian kosa kata di Gontor mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisement